Aspek Pemasaran
1.
Analisis pasar
Adapun beberapa
pasar yang akan saya tuju yang memungkinkan peluang penjualan yaitu para
penjual peralatan rumah tangga, para
pelajar/mahasiswa yang banyak mempunyai koleksi buku.
2.
Segmentasi pasar
Dalam target pasar dari usaha yang saya rintis ini tidak
menutup kemungkinan untuk semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak
seperti pelajar dan mahasiswa, kalangan dewasa atau orang tua seperti kolektor
buku sehingga usaha ini dapat menembus pasar, baik melalui kios-kios atau toko
maupun penjualan secara online.
Dalam
memasarkan produk rak buku gantung, perlu dilakukan segmentasi pasar terhadap
para calon konsumen yang tersedia sehingga yang dituju lebih jelas.
|
No
|
Segmen pasar
|
Sasaran
|
|
1
|
Target lokasi
pemasaran
|
·
Sekolah-sekolah
·
Wilayah kampus
|
|
2
|
Target
konsumen
|
·
Siswa sekolah
·
Mahasiswa
·
Ramaja
·
Orang dewasa/orang tua
|
3.
Strategi harga produk
Untuk
menetapkan harga produk per unit maka kita harus menghhitung biaya untuk
keperluan bahan baku dan biaya pembuatan produk sehingga dalam menetapkan harga
kita dapat menentukan target laba yang akan kita peroleh. Selain itu, kita juga
dapat memberikan harga promosi untuk lounching perdana produk sehingga akan
menarik konsumen untuk membeli produk saya dengan harga yang tidak terlalu
mahal dibanding dengan prouk rak buku yang lain.
4.
Strategi promosi (pemasaran)
Promosi yang
akan saya lakukan dalam memasarkan produk ini mulai dari media cetak seperti
brosur, selebaran maupun pamflet, dan media elektronik seperti blog, facebook,
instagram maupun media elektronik lainnya. Selain itu perlunya promosi secara
langsung dari mulut ke mulut untuk warga sekitar lokasi produksi barang.
Semakin gencar dalam pengenalan produk, dan promosi maka tidak mentup
kemungkinan pula untuk meraih keuntungan yang lebih karena banyak masyarakat
yang tertarik lalu membeli produk saya ini.
Aspek Manajemen
Mengenai aspek manajemen seperti keuangan dan
lain sebagainya sementara saya masih melakukannya sendiri karena produk ini
masih dalam tahap permulaan, sehingga saya masih sangat memiliki keterbatasan
seperti keterbatasan biasaya untuk merekrut karyawan. Untuk aspek pemasaran
saya juga masih melakukannya secara mandiri menggunakan akun-akun media
elektronik saya secara pribadi, mungkin jika produk saya berkembang saya akan
membuat akun untuk produk saya sendiri.
Komentar
Posting Komentar